Kamis, 21 Februari 2013

DIAM. fisika dalam sudut pandang perkembangan masyarakat


        Diam sebenarnya juga merupakan bentuk gerak yang bersifat sangat sementara. Sebab materi yang diam itu sebenarnya adalah dalam proses gerak. Kekuatan dari unsur - unsur materi yang saling berkontradiksi itu sama kuatnya sehingga salah satunya tidak ada yang tergeserkan pada titik bertemunnya, maka nampaknya diam (tidak berubah dan berkembang). Unsur - unsur intern materi yang saling berkontradiksi itu ada yang tergeser dan ada yang mampu terus berkembang yang merupakan kekuatan pendorong, kemudian materi itu berubah dan berkembang (gerak). Sebenarnya diam merupakan suatu titik keseimbangan, antara kekuatan unsur - unsur intern materi yang saling berkontradiksi.
         Di samping itu materi yang nampaknya diam adalah materi yang unsur - unsur internnya berkontradiksi
itu masih dalam proses, belum sampai pada perubahan kualitas baru, masih dalam bentuk lama yaitu masih dalam perubahan kuantitas sehingga belum nampak jelas (atau nampaknya masih seperti yang lama atau masih diam). Jika unsur - unsur intern materi itu kontradiksinya sudah mampu melahirkan perubahan kualitas, maka nampaknya jelas yaitu ada kualitas baru yang lebih tinggi dan lebih maju, kondisi yang demikian baru dikatakan bahwa materi itu gerak (berubah dan berkembang).
         Hakikatnya gerak materi adalah unsur - unsur intern materi yang saling berkontradiksi. Kekuatan unsur - unsur intern materi yang saling berkontradiksi itulah yang menentukan gerak. Jadi gerak materi adalah gerak yang ditentukan oleh kekuatan intern materi itu sendiri, bukan ditentukan oleh kekuatan di luar materi. Pola pikir yang demikian ini, jika diterapkan dalam sejarah perkembangan masyarakat adalah bahwa suatu masyarakat berubah dan berkembang ditentukan oleh unsur-unsur intern yang saling berkontradiksi dalam masyarakat itu sendiri, bukan ditentukan oleh kekuatan luar. Masyarakat feodal berubah dan berkembang menjadi masyarakat kapitalis ditentukan oleh unsur - unsur intern yang saling berkontradiksi di dalam masyarakat feodal itu sendiri. Demikian juga masyarakat kapitalis berubah dan berkembang menjadi masyarakat sosialis ditentukan oleh unsur - unsur intern yang saling berkontradiksi di dalam masyarakat kapitalis itu sendiri. Unsur - unsur dari luar, atau kekuatan dari luar, atau faktor luar hanya mempengaruhi saja unsur - unsur intern atau kekuatan intern, faktor luar bukan menentukan perubahan dan perkembangan materi. Pengaruh faktor luar atau kekuatan luar hanya bisa menghambat dan bisa mempercepat perubahan dan perkembangan sutau materi. Hakikatnya perubahan dan perkembangan sesuatu materi adalah ditentukan oleh unsur - unsur intern materi itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar